Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tipe Data Dan Operator Dalam Bahasa C

 


Tipe Data Dan Operator Dalam Bahasa C.. Ok Semua, sekarang saya akan menyambung tentang pembelajaran bahasa c yang sebelumnya sudah saya bagikan tentang pengenalan bahasa C lengkap dengan programnya. Selanjutnya saya akan membagikan artikel tentang macam macam tipe data dan operator yang sering digunakan dalam bahasa C.


Tipe Data Dalam Bahasa C

Tipe data adalah jenis nilai yang dapat ditampilkan oleh variabel. Ada 5 macam tipe data dasar yang sering digunakan dalam bahasa C, di antaranya :

  1. Tipe data Int (Integer) : Tipe data ini digunakan untuk nilai angka / bilangan bulat. Data integer tersimpan di dalam memori sebesar 4 byte atau 32 bit.
    Contoh penggunaannya : int a;
  2. Tipe data Long : Tipe data ini sama dengan integer, bedanya  kalo integer hanya menampung nilai dalam sekala kecil sedangkan long bisa menympan nilai dalam sekala yang besar.
    Contoh Penggunaannya : long a;
  3. Tipe data Float : Tipe data ini digunakan untuk bilangan desimal. Tipe data ini termasuk ke dalam kelompok floating poin yang menampung bialangan – bilangan riel.
    Contoh Penggunaannya : float a;
  4. Tipe data Char : Tipe data ini digunakan untuk karakter. Masing masing karakter menempati memori sebesar 1 byte atau 8 bit.
    Contoh Penggunaanya : char a;
  5. Tipe data Double : Tipe data ini sama dengan float, bedanya float hanya menampung data dalam sekala kecil sedangkan double dapat menimpan data dalam sekala besar.
    Contoh Penggunaanya : double a;

Operator dalam bahasa C

Operator adalah simbol atau karakter yang digunakan dalam program untuk melakukan sebuah operasi dalam sebuah proses program seperti operasi bilangan dan operasi string. Operator dalam bahasa C diantaranya :


1. Operator Aritmatika

Operator aritmatika adalah operator yang digunakan untuk operasi bilangan eperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, modulus, increment, decrement. Dan operator ini dapat digunakan pada semua jenis tipe data.

2. Operator Perbandingan

Operator perbandingan adalah operator yang berfungsi untuk membandingkan dua buah nilai atau variabel. Operator ini menghasilkan nilai boolean yaitu true atau false.

3. Operator Logika

Operator logika adalah operator yang berfungsi untuk menangani tipe data boolean. Nilai data boolean bisa berupa kondisi benar atau salah dan biasa juga 1 atau 0.

Ok…begitulah pembahasan tentang macam macam tipe data dan operator yang sering digunakan dalam bahasa C. Jangan lupa untuk membaca artikel saya yang lain. Tunggu saja postingan selanjutnya dari saya.

Terima Kasih Kunjungannya

Post a comment for "Tipe Data Dan Operator Dalam Bahasa C"